Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Try Out UN di Lebak: 92,12 Persen tak Lulus

Selasa, 16 Februari 2010
LEBAK/ANT--Nilai hasil ujian "try out" yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Banten, jeblok di mana peserta yang tidak lulus mencapai 92,12 persen dari jumlah 21.247 orang. "Ujian "try out" ini salah satu ujian percobaan untuk menghadapi persiapan ujian nasional (UN) yang akan dilaksanakan 22 Maret 2010 mendatang," kata Kepala Bidang Pendidikan SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan, Kabupaten Lebak, Asep Komar di Rangkasbitung, Senin.

Dia mengatakan, peserta ujian "try out" terdiri dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pelaksanaan soal lembaran ujian tersebut dibuat oleh tim kurikulum Dinas Pendidikan bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah masing-masing. "Saya sangat prihatin hasil pencapaian kelulusan ujian "try out" hanya 1,88 persen," katanya.

Namun demikian, ia mengatakan, pihaknya tetap optimistis target angka kelulusan UN mencapai sekitar 100 persen, kendati hasil try out cukup jelek.

Pencapaian nilai ujian try out tidak bisa dijadikan acuan kemampuan akademis siswa, karena try out merupakan bentuk percobaan menjelang persiapan UN. "Pengalaman tahun lalu nilai ujian try out jeblok, namun kelulusan UN mencapai 98,50 persen pada jenjang SMA/SMK," katanya.

Dia menyebutkan, tahun ajaran 2009-2010 jumlah peserta UN sebanyak 21.247 siswa terdiri dari SMP 14.728 orang, SMA 4.487 orang, dan SMK 2.032 orang.

Jebloknya hasil uji coba tersebut di semua mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Inggris, dan Matematika. "Saya minta pengelola sekolah tetap mengoptimalkan bimbingan belajar dan penambahan jam belajar di sekolah, terutama mata pelajaran yang di-UNkan," katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Wanasalam, Adi Nugraha mengaku semua nilai ujian try out jeblok karena siswa kurang berpikir dalam mengerjakan lembaran soal yang diujikan. "Soal-soal try out sengaja dibuat sulit untuk melihat kemampuan akademis siswa selama belajar di sekolah," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers