Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Ilmuwan NASA: Pluto Berubah Warna

Sabtu, 06 Februari 2010

Para ilmuwan NASA mengatakan planet Pluto yang kecil dan terletak di paling ujung sistem tata surya kita kini semakin berwarna merah.Gambar-gambar yang diambil teleskop ruang angkasa Hubble memperlihatkan bahwa planet itu 20% lebih merah dari sebelumnya.

Para pakar yakin fenomena itu disebabkan oleh perubahan pada es yang ada di permukaan Pluto disaat planet ini memasuki tahap baru dari orbit selama 248 tahun. Gambar-gambar baru ini memperlihatkan nitrogen yang membeku semakin bersinar di utara dan semakin gelap di bagian selatan.

"Perubahan-perubahan ini kemungkinan besar merupakan dampak dari mencairnya es di kutub yang terkena sinar matahari sementara di kutub lainnya membeku," demikian pernyataan Institut Sains Teleskop Ruang Angkasa NASA.

Namun sejumlah pakar astromoni menyatakan kaget dengan perubahan itu. "Sedikit mengejutkan melihat perubahan ini terjadi demikian besar dan demikian cepat," ujar Marc Buie, dari Southwest Research Institute. "Ini tidak pernah terjadi sebelumnya."

Tahun 2006, para astronomi mencabut status Pluto sebagai planet penuh menjadi planet kecil. Planet yang terletak sangat jauh dan jauh lebih kecil dari delapan planet lain di tata surya kita ini memang jauh lebih kecil dari beberapa bulan yang ada di ruang angkasa.

Tetapi warna merah ini diperkirakan tidak berdampak pada suhu di pluto; meski ada warna kemerahan itu suhu permukaan Pluto sangat dingin di titik -233C.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers