Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Redistribusi Guru Harus Dilakukan

Kamis, 04 Februari 2010

YOGYAKARTA--Pengamat pendidikan yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab mengatakan, kebijakan redistribusi guru memang harus dilakukan di Indonesia. Hal itu, kata dia, untuk pemerataan kualitas dan kuantitas guru itu sendiri.

Namun, kata Rochmat, di era otonomi daerah seperti saat ini, redistribusi guru hanya bisa dilakukan sebatas wilayah kabupaten/kota saja. Itu pun untuk guru tingkat SD hingga SMA. "Redistribusi untuk guru SD hingga SMA hanya bisa dilakukan antarkecamatan di satu kabupaten/kota. Tapi kalau SLB masih bisa dilakukan antar kabupaten/kota di satu provinsi karena kebijakan SLS di provinsi," ujar dia, Rabu (3/2).

Berbeda dengan guru di Departemen Agama (Depag) yang mengampu di MTs-MA. Untuk Depag, kata Rochmat, redistribusi bisa dilakukan dalam satu provinsi antar kabupaten/kota. ''Ini karena Depag masih sentralisasi berbeda dengan sekolah umum,'' jelasnya.

Selain pemerataan kualitas guru redistribusi juga bisa untuk memperbaiki rasio antara jumlah siswa dengan guru yang mengajar. Rasio jumlah siswa dengan guru di Indonesia, ingat Rochmat, masih jauh lebih besar dibandingkan dengan rasio di Korea maupun negara lainnya.

Walaupun rasio ini pun, ujar Rochmat, tidak menjamin kualitas sebuah pendidikan, namun hal tersebut bisa bermanfaat bagi guru itu sendiri. Pasalnya, dengan rasio kecil, maka guru bisa memenuhi syarat-syarat minimal jam mengajar dan sebagainya untuk proses sertifikasi guru.

Tapi memang, lanjut Rochmat, biasanya rasio kecil berujung kualitas sekolah yang jauh lebih baik. Pasalnya, selain bisa mengajar mata pelajaran yang diampu, guru juga diwajibkan menguasai anak didik yang diampunya. ''Ini khusus untuk SD. Dengan kewajiban seperti itu, sulit bagi guru melaksanakannya jika rasio siswanya cukup besar," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers