Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Penerbangan Endeavour ke ISS Tertunda

Minggu, 07 Februari 2010

Awan rendah di atas Pusat Angkasa luar Kennedy di Florida telah membuat peluncuran pesawat ulangalik Endeavour ke stasiun angkasa luar, ISS, dalam misinya yang terbaru ditunda. Para pejabat Nasa menangguhkan peluncuran pesawat ulangalik itu 10 menit sebelum jadwal peluncuran.

Endeavour tidak menghadapi masalah teknis ketika bersiap-siap untuk lepas landas dan peluncuran akan diusahakan lagi Senin pagi.Pesawat itu akan membawa unit penghubung dan jendela besar ke anjungan internasional yang mengorbit .

Misi ulangalik ini adalah yang pertama sejak Presiden Barack Obama mengumumkan visi baru eksplorasi angkasa luar manusia oleh Amerika. Hari Senin lalu, ia membatalkan roket dan kapsul Nasa yang dikembangkan untuk menggantikan pesawat ulangalik, dan mendesak sektor komersial untuk membiayai kebutuhan transportasi untuk masa depan.

Peluncuran hari Minggu ini ditunda karena tebalnya awan yang bergerak di atas Pusat Angkasa Luar Kennedy akan mencegah para pejabat peluncuran untuk mengikuti secara visual kemajuan peluncuran, selain karena awan juga akan mengganggu keselamatan penerbangan kembali ulangalik itu ke Kennedy jika pesawat itu menghadapi masalah dan perlu membatalkan penerbangan.

Ketua Badan angkasa lur Amerika, Charlie Bolden, hadir di Kennedy. Berbicara kepada para wartawan, ia mengakui bahwa jalan baru yang ditempuh Obama menyebabkan kekhawatiran di kalangan para karyawan Nasa dan Kongres. "Ini akan menjadi kompleks dan rumit dan kami harus mencari jalan keluarnya, " ia mengatakan.

Sangat Penting
Misi 13 hari Endeavour, yang mencakup tiga kali jalan di angkasa, akan merupakan peluncuran malam hari terakhir pesawat ulangalik itu. Ke empat misi Endeavour berikutnya akan dilangsungkan ketika matahari sudah terbit. Begitu dipasang di stasiun, modul Node 3 dan Cupola akan membuat anjungan itu 90 persen selesai.

Misi ini merupakan saat penting bagi sumbangan Badan Angkasa Luar Eropa, (Esa) bagi proyek Stasiun Angkasa Luar Internasional, ISS. Kedua modul yang dibawa ke orbit dibangun di Italia oleh Thales Alenia Space. Unit penghubung Node 3 akan menampung sistim pendukung kehidupan yang vital di statiun tersebut.

Node memungkinkan stasiun diperluas dalam satu hari. "Node 3 merupakan modul penghubung," demikian penjelasan Simonetta Di Pippo, Direktur penerbangan berawak ke angkasa luar Esa. "Ini adalah pintu yang membuka masa depan, karena jika kita memutuskan untuk mengembangkan modul baru, perluasan baru, dan kemampuan baru, kita akan bisa melakukannya karena kita sekarang meluncurkan Node 3."

Cupola adalah modul berbentuk kubah dengan tujuh jendela. Jendela paling atas yang berdiameter 80 cm akan merupakan yang terbesar yang pernah diterbangkan ke angkasa luar. Modul ini akan bertindak sebagai ruang pengendali untuk mengarahkan operasi robot di bagian luar anjungan, dan memberikan tempat bagi para astronot untuk melihat bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers