Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Dinas Pendidikan DKI Kurangi Jumlah SD

Rabu, 24 Februari 2010
JAKARTA, ANT -- Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan mengurangi jumlah sekolah dasar (SD) di Jakarta untuk efisiensi sumber daya manusia (SDM) dan anggaran. Selama tahun anggaran 2010, sebanyak 615 SD akan digabungkan sehingga menjadi 114 SD, dan SD yang digabungkan adalah yang berada di dalam satu kompleks sekolah hingga yang berada di satu kecamatan, kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto di Jakarta, Selasa. "Biasanya di satu kompleks ada dua hingga enam sekolah yang jaraknya berdekatan sehingga secara anggaran dan manajemen tidak terlalu efektif," katanya.

Banyak kompleks sekolah di Jakarta yang memiliki lebih dari satu SD dengan lokasi berdekatan sehingga SD-SD ini akan digabung menjadi satu sekolah. Dua diantaranya adalah SD yang berada di Kecamatan Senen dan Jatinegara dimana dalam satu kompleks sekolah terdapat enam SD.
Taufik menyebutkan, keenam SD itu akan digabung menjadi satu SD saja.

Kajian untuk pengurangan jumlah SD itu telah dilakukan Dinas Pendidikan sejak 1997 namun baru akan dilaksanakan tahun ini. Saat ini, DKI Jakarta memiliki sebanyak 2.229 SD dan jumlah tersebut dinilai terlalu banyak sehingga tidak efisien. "Jumlah ini sangat besar, jumlah kepala sekolahnya sama dengan jumlah SD, ditambah lagi ribuan karyawan yang bekerja di sekolah tersebut," ujar Taufik.

Setelah dilakukan penggabungan, para kepala sekolah dan pegawai yang masih memiliki sisa waktu mengabdi akan dimutasi ke sekolah lain sementara yang telah memasuki masa pensiun, akan dipensiunkan.

Sementara itu, sekolah yang akan menjadi pusat penggabungan adalah yang berkualitas paling baik. "Dengan bertambahnya siswa, kapasitas infrastruktur sekolah akan diperbanyak sehingga semua siswa bisa belajar dengan nyaman," kata Taufik. Namun jika pengembangan infrastruktur sekolah tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar akan dibagi dalam dua waktu yakni pagi dan siang.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers