Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Bukan Hanya Guru, Pendidikan Karakter Bangsa Tanggung Jawab Bersama

Selasa, 09 Februari 2010
AMBON--Pendidikan karakter bangsa bukan semata-mata tanggung jawab guru, tetapi juga seluruh komponen masyarakat dan lingkungan keluarga, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kota Ambon, J. B. Lopulalan, Senin. Lopulalan menegaskan, guru hanya bertugas memberikan pembelajaran tentang pendidikan karakter bangsa melalui ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam kurikulum di sekolah.

Sedangkan keluarga dan masyarakat yang merupakan lingkungan tumbuh dan berkembangnya generasi muda memiliki peran yang lebih penting dalam proses pembentukan karakternya melalui agama dan norma-norma sosial yang dianut."Guru hanya mengajarkan apa yang diterapkan dalam kurikulum. Sedangkan keluarga dan masyarakat berperan dalam proses pembentukan melalui pendidikan agama dan norma-norma sosial yang dianut," katanya.

Lopulalan mengatakan, perlu adanya peran serta aktif semua komponen bangsa untuk membentuk pribadi generasi muda yang yang berkarakter dan nasionalis. "Kita tidak bisa saling melempar tanggung jawab. Pembentukan karakter generasi muda adalah tugas kita semua," katanya.

Ia juga mengatakan, norma-norma dan aturan yang tidak tertulis dalam lingkungan masyarakat dapat dijadikan patokan hukum yang bisa digunakan untuk membatasi setiap tindakan anggota masyarakatnya.

Menurut dia, generasi muda yang kurang mendapatkan pendidikan karakter bangsa akan mudah terprovokasi dengan berbagai isu yang dapat memecah belahkan persatuan dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun bernegara. "Anak muda yang sudah mendapatkan pendidikan karakter bangsa mampu mengatasi semua persoalan tanpa kekerasan, serta memiliki rasa persatuan yang tinggi," ujar Lopulalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers