Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

Mau Otak Serap Informasi Lebih Baik? Coba Rehat Sejenaklah...

Jumat, 29 Januari 2010
Jika Anda tengah berusaha menghafal atau bersiap menjalani ujian atau tes tertentu, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Hal itu justru dapat membantu otak meyimpan informasi itu didalam otak.

Para ahli telah lama mengetahui, tidur dapat membantu meningkatkan ingatan dengan membiarkan pikiran menyaring pengetahuan yang baru saja diperoleh dan menyimpannya di dalam otak. Namun, penelitian terbaru mengungkap, bahkan istirahat sejenak saat terjaga juga dapat membantu otak memisahkan dan menyimpan informasi.

Penelitian yang dilakukan oleh New York University (NYU) itu merupakan kabar terbaru yang dimuat journal Neuron, disebut sebagai penelitian yang dapat memperluas pengetahuan mengenai meningkatkan kemampuan memori.

Hal itu juga dapat membantu menjelaskan, mengapa kita seringkali mengingat beberapa hal secara sangat mendetail namun melupakan sebagian hal lagi dengan sangat cepat. "Menyempatkan diri untuk beristirahat atau coffe break setelah belajar di kelas, sebenarnya dapat membantu menyerap informasi yang telah diperoleh," ujar Dr Lila Davachi yang merupakan assisten Profesor dari NYU.

Dengan tajuk "Otak Anda ingin beristirahat dari tugas lain, sehingga Anda dapat menyerap apa yang baru saja dipelajari," penelitian itu meminta para partisipan dengan menunjukkan mereka sepasang gambar yang terdiri dari wajah seseorang dan sebuah objek seperti bola pantai atau wajah manusia dan sebuah gambar misalnya pantai. Kemudian, diikuti dengan periode istirahat dalam keadaan terjaga.

Para partisipan tidak diberitahui apakah ingatakan mereka mengenai gambar kemudian akan diuji, namun mereka justru diminta untuk beristirahat dan berpikir mengenai apa saja yang mereka inginkan. Syaratnya, mereka harus tetap dalam keadaan terjaga.

Para peneliti menggunakan alat magnetic resonance imaging (MRI) untuk mengukur aktivitas otak selama kegiatan melihat gambar dan saat sedang beristirahat.

Mereka menemukan, selama beristirahat, area otak sama aktifnya ketika mereka diminta mengerjakan tugas tertentu, terutama ketika tugas itu secara khusus mudah diingat. "Otak Anda bekerja ketika Anda sedang beristirahat, jadi sangat penting untuk beristirahat sejenak untuk ingatan serta fungsi kognitif," tutur Dr. Davachi.

Hal itu merupakan salah satu hal yang masih jarang dipraktekkan. Terutama ketika teknologi saat ini memungkinan seseorang untuk bekerja tanpa henti.

Para peneliti mengungkap, otak menyimpan sebagian memori hanya untuk sehari. Kemudian pada malah hari, layaknya seorang editor film, maka otak akan memilah layaknya video klip, memori yang mana yang akan ditransfer ke memori jangka panjang dalam arsip film pribadi.

Eksperimen terhadap manusia dan tikus percobaan menunjukkan, pertama kali memori akan disimpan di bagian hippocampus, yaitu bagian otak yang mirip kuda laut dibagian pusat otak, sebelum diputar ulang dan disimpan di bagian luar neocortex, yang sering disebut bagian abu-abu.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers