Diskusi adalah pertukaran pengetahuan, sedangkan perdebatan adalah saling menukar kedunguan

Tentang Saya

Tempat Belanja Online

Tempat Belanja Online
Toko online biasa tapi bukan barang-barang biasa-biasa

JANGAN LUPA WAKTU

32 % Angka Putus Sekolah Nasional Ada di Jawa Tengah

Kamis, 07 Oktober 2010

SEMARANG--Menurut Ketua Yayasan Lembaga GNOTA, Jeannette Sudjunadi, berdasarkan data dari badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat tahun 2009, di Indonesia terdapat sedikitnya 13.685.324 anak sekolah --usia 7 hingga 15 tahun-- yang putus sekolah. Dari jumlah ini, sebanyak 419.940 (32 persen) diantaranya berada di provinsi Jawa Tengah. "Dari jumlah angka putus sekolah ini, yang dapat diakses program- program bantuan agar anak tersebut tidak putus sekolah masih sangat minim," ujarnya, saat menghadiri penyerahan bantuan program 'Berbagi untuk Maju' tahap II yang dilaksanakan di SDN Mangunharjo, Kecamatan Mangkang, Kota Semarang, Rabu (6/10).

Besarnya angka putus sekolah maupun anak yang terancam putus sekolah di negeri ini, diakui masih menjadi kendala bagi GNOTA dalam memaksimalkan perannya. Pasalnya kemampuan GNOTA untuk dapat mengentaskan anak bangsa yang putus sekolah ini masih sangat terbatas. Sehingga gerakan untuk meminimalisir angka putus sekolah maupun anak yang terancam putus sekolah ini butuh sinergi antar pihak yang berkompeten bagi masa depan anak bangsa.

"Kita terus mendorong agar para orang tua yang lain ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan pendidikan serta masa depan anak bangsa ini," imbuh Jeannette dalam jumpa pers dengan wartawan usai penyerahan bantuan ini.

Terkait dengan masih tingginya angka anak yang terancam putus sekolah ini juga diakui oleh Kepala Sekolah SDN Mangunharjo, Khoiri. Ia mencontohkan, mayoritas murid sekolahnya yang berlatar belakang dari keluarga nelayan dan petani. Akibat faktor kemiskinan ini, tak sedikit siswa di sekolahnya yang harus 'gantung buku' alias putus sekolah. Kalaupun ada yang menuntaskan proses belajarnya masih belum memenuhi pendidikan dasar sembilan tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
banner125125 d'famous_125x125
 

Followers